MANAJEMEN
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Pengertian secara umum manajemen adalah kemampuan atau keterampilan seseorang untuk memperoleh hasil dalam upaya mencapai tujuan (kelompok) melalui kegiatan yang dilaksanakan orang lain (anggota kelompok).
Jenis-jenis manajemen
1. Manajemen public
2. Manajemen ritel
3. Manajemen peti kemas
4. Manajemen transport
5. Manajemen transportasi dan distribusi fisis
6. Manajemen risiko
7. Manajemen asuransi
8. Manajemen bisnis logistic
9. Manajemen pemasaran
10. Manajemen system informasi
11. Manajemen sains
12. Manajemen proyek
13. Manajemen produksi
14. Manajemen oprasi
Kepemimpinan
Apa itu kepemimpinan?
Kepemimpinan berasal dari bahasa inggris: to lead (memimpin, suatu kegiatan yang member pengarahan, bimbingan, kepada orang lain untuk melakukan sesuatu), lead kemudian menjadi leadership (kepemimpinan).
Kepemimpinan menurut George R. terry menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah keseluruhan kegiatan untuk mempengaruhi kemauan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. (leadership is activity of influencing people to strive willingly for mutual objectivies).
Daftar pustaka:
Saydam, Gozali. 1993. Soal jawab manajemen dan kepemimpinan. Jakarta: djambatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar