a.
Definisi pengorganisasian
Istilah organisasi berasal dari kata organum yang berarti alat, bagian,
atau komponen-komponen. Di dalam pendekatan manajemen, istilah organisai
mempunyai dua makna umum. Arti pertama mengacu pada suatu lembaga atau
(institusi) atau kelompok fungsional. Arti kedua mengacu pada pengorganisasian,
yaitu cara pengaturan pekerjaan atau pengelokasian pekerjaan diantara anggota
organisasi,sehingga organisasi diharapkan melaksanakan fungsi penting untuk
membantu ketidak mampuan anggota sebagai individu dalam mencapai tujuan yang
sulit atau bahkan tidak mungkin dicapai sendiri.
b.
Struktur organisasi
Struktur organisasi dapat diartikan sebagai susunan dan hubungan antar
bagian dan posisi dalam perusahaan, struktur organisasi menjelaskan bagian
aktivitas kerja, serta memperhatikan hubungan fungsi dan aktivitas sampai
batas-batas tertentu. Selain itu struktur organisasi memperlihatkan tingkat
spesialisasi aktivitas tersebut. Struktur organisasi juga menjelaskan hirarki
dan susunan kewenangan, serta hubungan pelaporan (siapa melapor pada siapa)
dengan adanya struktur organisasi, maka stabilitas dan komunitas organisasi
bisa tetap bertahan.
c.
Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
1.
Perencanaan (planning) yang terdiri dari
fungsi-fungsi perencanaan dan penganggaran (budgeting)
2.
Pelaksanaan (operating) yang terdiri dari
fungsi-fungsi pengarahan (directing) , penggiatan (actuating),
pengorganisasian (organizing), dan koordinasi
(coordinating).
3.
Pengawasan (controlling) yang terdiri dari
fungsi-fungsi pengawasan, penilaian (evaluating), pelaporan (reporting).
dapus
:
Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Terapan Dalam Organisasi, Rajawali Press. Jakarta
Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Terapan Dalam Organisasi, Rajawali Press. Jakarta
Munandar,
Ashar S. 2001. Psikologi industri dan organisasi, UI-press, salemba
Umar, Husain. 2000. Bussines An Introduction,
Gramedia putaka utama. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar